Sabtu, 26 Desember 2009

Survey Lapangan 2

OK.. sekarang mulai survey lapangan. Untuk menghemat waktu dilapangan, sebaiknya ada yang mencari data ke instansi terkait dan ada yang langsung meninjau ke lapangan. Karena biasanya data dari instansi terkait yang ada perlu waktu sekitar 1 atau 2 hari mungkin juga bisa lebih. Jadi jangan menghabiskan waktu hanya untuk menunggu data yang sedang disiapkan.

Di lapanganpun biasanya perlu melakukan survey secara menyeluruh dulu. Apalagi kalau daerah perencanaannya luas dan lokasi dari sumber air ke daerah perencanaan cukup jauh. Setelah mengetahui kondisi daerah perencanaan secara menyeluruh, baru disusun rencana untuk hari berikutnya sampai selesai.

Karena team survey terdiri dari beberapa orang sesuai dengan bidang keahliannya, bisa juga setelah melakukan survey secara menyeluruh bersama sama, kemudian masing-masing melakukan survey lapangan lagi sesuai dengan bidang keahliannya.

Hasil survey yang sudah didapat, baik data dari kantor instansi terkait maupun dari lapangan nantinya akan dibuat laporannya oleh masing masing tenaga ahli untuk dijadikan bahan membuat laporan hasil survey lapangan.

Tenaga ahli yang melakukan survey lapangan untuk pertama kalinya terutama adalah ahli Teknik Lingkungan, ahli Teknik Sipil, ahli Teknik Listrik. Mereka ini yang akan menentukan lokasi dari sumber air, lokasi dari pengolahan air, lokasi dari jalur pipa dan lokasi dari komponen air bersih lainnya.

Setelah lokasi dari komponen air bersih ditentukan baru team dari ahli topografi dan ahli geologi melakukan pengukuran tanah dan penyelidikan tanah di lokasi lokasi yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar