Minggu, 20 Desember 2009

Perencanaan Sistem Penyediaan Air Bersih

Air merupakan kebutuhan pokok dan utama bagi semua kehidupan di dunia ini. Keberadaan air perlu dijaga terlihat dari banyaknya krisis air bersih dibanyak tempat pada musim kemarau. Buktinya ? Coba aja baca berita mengenai kekeringan dan kekurangan air bersih, hampir semua media menuliskan mengenai kekeringan dan kekurangan air.

Krisis air ini kelihatannya akan semakin parah karena tidak ada yang peduli atau tidak mengerti akan masalah ini. Dari pengalaman merencanakan sistim air bersih selama ini, ternyata makin hari yang menjadi kesulitan adalah mendapatkan sumber air yang akan dipakai sebagai sumber air untuk suatu daerah yang akan dibuatkan sarana air bersihnya.

Disini saya akan mencoba membuat kira2 apa saja yang perlu dilakukan dan disiapkan dalam suatu "Perencanaan Air Bersih". Karena Air bersih ini termasuk dalam salah satu sarana yang diperlukan selain dari rumah, jalan, listrik dan lainnya.

Apa saja yang perlu dikaji dalam perencanaan air bersih ? Unruk gambaran dulu kira2 sebagai berikut : Sumber Air, Cakupan Daerah Pelayanan, Kebutuhan airnya, Sistemnya, Kondisi ekonomi, Biayanya, Pemeliharaannya dll.

Perencanaan Air bersih awalnya untuk perkotaan, tapi dengan berkembangnya perumahan perumahan terutama di kota besar, masing masing perumahan banyak yang membuat sistem penyediaan air bersih sendiri.

Ternyata banyak juga kan yang harus dipikir dan di koordinasikan, supaya tidak terjadi masalah dalam menentukan sumber air yang akan dipakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar